Mengenai Sejarah 9GAG


Situs berisi user-generated content ini kerap menjadi pilihan warganet untuk mengusir bosan. Kebanyakan isinya adalah meme kocak terkait kehidupan sehari-hari. Sudah sembilan tahun 9GAG menjadi alternatif sumber hiburan di dunia maya. Bagaimana sebenarnya sejarah lahirnya 9GAG?

Menurut ensiklopedia bebas, 9GAG mulai aktif sejak 1 Juli 2008. Tokoh kunci di balik kemunculannya adalah Ray Chan yang pada masa itu adalah mahasiswa Univeristy of Hong Kong. Ray mengembangkan 9GAG bersama saudaranya, Chris Chan dan beberapa orang lain.

Tujuan awalnya adalah menyediakan platform online alternatif untuk berbagi foto ataupun video humor.

Dalam laporan Tech Crunch tahun 2015, disebutkan 9GAG memiliki 80 juta unique visitor per bulannya. Pencapaian itu adalah hasil dari sejumlah upaya yang dijalani tim pengembang.

Ray dan kawan-kawan menjadikan 9GAG sebagai portfolio untuk 500 Startups. Sebuah program pendanaan usaha tahap awal buat startup. Selain itu, dana segar juga datang dari beberapa perusahaan investasi yang berbasis di Silicon Valley. Termasuk True Ventures dan Grey Partners. Ditambah lagi investor-investor perorangan.

Dana yang terkumpul sejak 2012 memungkinkan tim teknis 9GAG untuk berkembang di Hong Kong dan Silicon Valley sekaligus.

Selain hadir dalam bentuk website, 9GAG juga bisa diakses via aplikasi mobile yang tersedia untuk iOS, Android, Windows Phone 8, dan Blackberry 10.

Comments

Popular Posts