Cara Mudah Riset Keyword SEO Pakai Keywords Everywhere

Cara Mudah Riset Keyword SEO Pakai Keywords Everywhere

Cara mudah melakukan riset keyword SEO menggunakan tools Keywords Everywhere. Bisa dipakai oleh penulis pemula atau mereka yang hendak masuk ke dunia penulisan profesional.


Bayangkan kamu baru diterima sebagai seorang writer di sebuah agensi. Lalu editor atau atasan kamu memberi tugas untuk melakukan riset keywords atau kata kunci SEO (Search Engine Optimization) tentang produk klien.

Gak perlu pusing untuk melakukannya karena ada banyak tools yang bisa dipakai. Baik secara cuma-cuma, bahkan berbayar.

Sejatinya, tujuan melakukan riset keyword adalah mengetahui deretan kata kunci yang bakal dipakai dalam tulisan, atau ditanam pada sebuah halaman website. Salah satu tools riset SEO gratis yang bisa dimanfaatkan adalah Keywords Everywhere.

[Baca juga: Meracik Konten Bermodal Formula 3H, Hero, Hub, Hygiene]

Keywords Eeverywhere bentuknya adalah addon yang tersedia untuk browser Google Chrome dan Mozilla Firefox. Untuk kedua browser tersebut, addon ini bisa diunduh melalui halaman resminya.

Unduh addon sesuai browser yang dipakai lalu ikuti langkah-langkah yang diperintahkan. Salah satu kunci keberhasilan instalasi addon ini ialah mengonfirmasi email untuk mendapatkan kode API.

Saya sengaja gak menjelasakan detail proses instalasi mengingat langkah-langkahnya yang cenderung mudah.

Apabila instalasi pada browser telah berhasil, kita bisa melakukan riset keyword dengan mengetikkan kata kunci yang sekiranya sudah ada dalam bayangan. Sebagai contoh, kita lalukan pencarian dengan keyword "harga raket tenis".

Cara Mudah Riset Keyword SEO Pakai Keywords Everywhere


Tepat di bawah kolom pencarian Google, dapat dilihat muncul volume pencarian kata kunci tersebut. Bahkan, data volume pencarian ini juga muncul untuk keyword lain yang sifatnya suggestion. Dengan jumlah yang ada, dapat dipertimbangkan apakah keyword tersebut layak digunakan atau tidak.

Intinya, dari situ sudah dapat diketahui berapa banyak volume pencarian keyword yang hendak kita sasar. Tanpa mengetahui hal ini, tulisan sia-sia karena sebenarnya tak ada orang mencari topik yang disajikan. Kecuali sudah ada yang namanya pembaca loyal yang rutin mengunjungi blog atau website.

Cara Mudah Riset Keyword SEO Pakai Keywords Everywhere


Di samping angka volume pencarian tersebut, tertera pula angka CPC (costs per click) dan tingkat kompetisi yang berguna buat pengiklan.

Tidak hanya sampai di sini. Kalau melihat ke sebelah kanan halaman pencarian Google, dapat dilihat pula kolom Related Keywords yang sederhananya dapat diartikan sebagai deretan kata kunci lain yang juga dicari orang tentang topik terkait.

Cara Mudah Riset Keyword SEO Pakai Keywords Everywhere


Sebagai informasi tambahan, Keywords Everywhere juga bisa dipakai untuk melakukan riset keywords di YouTube. Jadi cukup berguna juga mereka yang tengah mengembangkan kanal di sana.

Menurut informasi yang didapat dari website resminya, data-data yang disajikan oleh Keywords Everywhere diambil dari website populer seperti Google Trends, Google Search, Google Search Console, Google Analytics, dan masih banyak lagi.

Comments

Popular Posts